Pengajaran Bahasa Inggris Menggunakan Metode Roleplay Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Pada Anak Usia 10-13 Tahun Di Desa Bangun Sari

Authors

  • Zulkarnain Batubara Program Studi Diploma Tiga Keperawatan, STIKes Mitra Husada Medan
  • Marta Marta Program Studi Diploma Tiga Keperawatan, STIKes Mitra Husada Medan
  • Indra Agussamad Program Studi Diploma Tiga Keperawatan, STIKes Mitra Husada Medan

DOI:

https://doi.org/10.59395/ahsana.v1i1.308

Abstract

Kesulitan yang terjadi dalam belajar bahasa khususnya bahasa Inggris adalah bahwa kebanyakan orang yang sudah memiliki pengetahuan kosa kata dan tata bahasa Inggris yang baik belum mampu untuk menggunakan bahasa Inggris dalam berkomunikasi bahkan untuk percakapan sehari-hari. Hasil wawancara dan observasi yang diperoleh dari pernyataan anak-anak desa bangun sari menyatakan bahwa Pembelajaran bahasa Inggris di sekolah dengan metode ceramah dan  latihan soal (teacher active) dinilai masih kurang menyenangkan dan membosankan bagi siswa. Metode pengajaran dan SDM (Sumber Daya Manusia) guru menjadi faktor penting penyebab kurang nyamannya pembelajaran bahasa Inggris di Sekolah. Padahal dengan memperkaya metode pengajarannya Dengan metode yang menarik seperti roleplay anak-anak bisa memerankan secara langsung dan melatih mereka dalam pengucapan kata-kata dalam bahasa Inggris. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan Berbicara anak-anak dalam bahasa Inggris sehingga dapat memberikan bantuan pada sekolah dalam usaha meningkatkan kemampuan kosakata bahasa Inggris siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad Fawaid. (2011). Panduan Guru: Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Joyce, B.dkk. (2011). Models of Teaching (Model-Model Pengajaran, terjemahan Achmad Fawaid & Ateilla Mirza..Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ahmad Rofi?uddin & Darmiyati Zuhdi. (1998/1999). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta: Depdikbud Dirjen Pendidikan Tinggi.

Anas Sudijono. (2010). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Alec & Achmad HP. (2011). Bahasa Indonesia untuk Pendidikan Tinggi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Suatu Pendekatan Praktek (Ed. Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Awaliyah Puji Lestari. 2011. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Metode Sosiodrama pada Siswa Kelas V SD N 2 Pengasih Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo. Skripsi. UNY.

Djamarah, Syaiful Bahri & Aswan Zain. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.

Hairuddin, dkk. 2007. Pembelajaran Bahasa Indonesia. Depdiknas: Dirjen Dikti.

Downloads

Published

2023-01-20

How to Cite

Batubara, Z., Marta, M., & Agussamad, I. (2023). Pengajaran Bahasa Inggris Menggunakan Metode Roleplay Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Pada Anak Usia 10-13 Tahun Di Desa Bangun Sari. Ahsana: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 17–19. https://doi.org/10.59395/ahsana.v1i1.308